Sebelum ditemukannya komputer bebasis GUI ( Grafik User Interface ) perkembangan komputer yang digunakan masih menggunakan tampilan teks yang terlihat kaku dan membosankan. Saat dibuatnya tampilan GUI barulah masyarakat mulai mengembangkan aplikasi berbasis grafik lalu dikenal sebagai multimedia. Dalam dunia multimedia dikenal dengan 3 elemen penting yaitu gambar , teks , suara. Perkembangan teknologi multimedia semakin canggih, tidak hanya melalui siaran televisi atau surat kabar tetapi juga melalui internet berbagai macam kejadian di setiap tempat dapat kita ikuti beritanya. Hal ini terjadi karena kebijakan politik pemerintah sangat mendukung perluasan pemanfaatan media elektronika bagi dunia khususnya televisi kita. Telah dapat diperkirakan bahwa lambat laun tidak terdapat batasan-batasan wilayah dalam komunikasi informasi. Oleh karena itu, disadari bahwa arus informasi yang datang dari luar akan sulit dibendung, dan hal ini tentu akan mempunyai pengaruh terhadap nilai-nilai budaya dunia.
Berbagai kejadian di setiap tempat dan waktu sekalipun di ujung dunia kini Perkembangan ta orangtua dan guru-guru menjadi kelabakan menjelaskan beragam pertanyaan anak-anak mereka, atau murid-murid mereka di sekolah. Demikianlah realitas terbaru tentang kecanggihan media yang menyangkut kehidupan, bahkan privasi seseorang, yang memiliki dampak multidimensi: politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Kehidupan pribadi, penyimpangan perilaku, politik, opini publik, media massa, piranti multimedia, pendidikan dalam segala skala dan dimensinya telah saling mengintervensi dan terintervensi.
Melalui internet pula berbagai layanan sistem manajemen modern telah digunakan secara meluas untuk bidang keuangan dan perbankan, kesehatan, transaksi bisnis, bahkan pertahanan keamanan.
Itulah teknologi yang terus berkembang, sampai pada tahap multimedia dan cyberspace, yakni sebuah ruang ilusif yang dibentuk melalui media digital berupa bite-bite informasi dalam database komputer, yang menghasilkan pengalaman-pengalaman halusinasi. Demikianlah realitas yang menyertai kehidupan kita dari hari ini, hingga hari-hari mendatang. Kehidupan yang ditandai dengan perubahan yang ekstra cepat (revolusi) di segala sektor, khususnya informasi dan teknologi. Kondisi itu memunculkan kepercayaan, bahwa masa depan akan dikuasai oleh siapapun yang dapat menguasai teknologi dan informasi.
Kesemuanya itu menunjukkan tanda-tanda bahwa sedang terjadi perubahan yang radikal yang menyangkut media. Artinya peran manusia sebagai subyek pelaku, mulai tergantikan oleh alat-alat yang dipercaya lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu maupun jarak (telepon, e-mail, internet). Dunia teknologi multimedia telah mengantarkan kita semua kepada dunia dan ruang cyber, yang konsekuensinya akan mengubah perilaku penggunanya, baik dalam pola perilaku antarmanusia, antarkelompok, antarkeluarga, maupun antarbangsa. Terdapat kecerdasan baru, sekaligus memunculkan celah-celah kesenjangan yang lain. Itulah paradoks dari kecanggihan teknologi multimedia.
Berikut adalah bidang-bidang dalam masyarakat yang terus berkembang akibat pengaruh multimedi :
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
• Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks.
• Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
• Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar.
• Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
• Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi.
• Misalnya: NASA menggunakan multimedia untuk training flight control bagi calon astronot
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
• Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik = edutainment
• Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment = animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik
• Video/music Player
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya.
Selain perkembangan multimedia berdampak positif berpengaruh juga pada dampak negatif :
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
• Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning selain berbagai dampak positif yang di dapat ada juga beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya dan pengurusan sertifikasi hasil belajar di nilai rumit
• Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
• Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh:sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
• Adanyanpihak-pihak yang melakukan black market (ilegal) dalam internet
• Hacker melakukan hacking guna proses transaksi
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
• Multimedia dalam bentuk gambar atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
• Dengan kemajuan multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool multimedia.
• Banyaknya pabrik toko narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi obat-obatan terlarang.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK
• Para elit politik pada pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui internet beligho,spanduk dsb
• Dengan adanya kemajuan teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya, walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor.
Iklan